Find us on Facebook

Perbedaan Antara Primary School dan Elementary School



Bagi Anda yang berkecimpung di dunia pendidikan jelas tidak asing lagi dengan istilah primary school dan elementary school. Namun bagi orang awam mungkin agak sedikit bingung apa bedanya primary school dan elementary school. Sebenarnya baik primary school maupun elementary school memiliki makna yang sama yaitu sekolah dasar. Hanya saja penggunaan istilah Primary School lebih sering digunakan di beberapa negara tertentu terutama wilayah Amerika Utara. Sedangkan istilah Elementary School lebih sering digunakan di Inggris, India, Irlandia, Pakistan, Australia, Amerika latin, Afrika Selatan, juga Indonesia. Istilah Elementary School lebih umum digunakan pada publikasi pendidikan.

Yang menarik adalah sistem pendidikan antara Indonesia dan Amerika pada satuan tingkat pendidikan. Bila di Indonesia siswa harus menempuh 6 tahun untuk tingkat SD (Elementary), 3 tahun untuk tingkat SMP (Junior High School), ditambah 3 tahun untuk tingkat SMA (Senior High School). Berbeda dengan Amerika yang tingkat elementary ditempuh selama 5 tahun, kemudian 3 tahun middle school, dan 4 tahun high school.

Di Amerika pada tingkat High School ada sebutan sendiri untuk tiap kelasnya. Kelas 9 disebut dengan freshmen, kelas 10 disebut sophmore, kelas 11 disebut junior, dan kelas 12 disebut senior.
Satu lagi perbedaannya antara sistem di Indonesia dan Amerika. Bila di Indonesia setelah 12 tahun sekolah diberi ijazah, sedangkan di Amerika sudah mendapat gelar diploma. *aii

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.