Find us on Facebook

Best 11 Indonesian Songs For Ukulele



Hai pembaca :) Semoga kamu selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan dalam hidup ini. Pada posting sebelumnya Saya telah membahas soal ukulele. Nah, pada tulisan kali ini saya mau coba sharing mengenai 11 Lagu Indonesia Terbaik Yang Enak Dimainkan Dengan Ukulele. Maksud lagu Indonesia disini maksudnya lagu yang berbahasa Indonesia ya. Terlepas dari siapa dan dimana lagu tersebut ditulis atau disebarkan. Memang pilihan lagu ini sedikit subjektif. Tetapi semoga dapat menjadi referensi buat kamu yang mau main ukulele dan bingung mau nyanyi atau main lagu apa.


1. Pulang (Float)
Float

Lagu yang berjudul "Pulang" ini merupakan salah satu soundtrack dari film 3 Hari Untuk Selamanya ini merupakan lagu dari sebuah band asal Jakarta yang bernama Float. Band ini beranggotakan 3 orang yaitu Hotma "Meng" Roni Simamora, Windra "Bontel" Benyamin, dan Raymond "Remon" Agus Saputra. Lagu ini dapat kamu jadikan pilihan untuk dimainkan bersama ukulele kamu.  Buat kamu yang pengen belajar lagu ini dengan ukulele bisa lihat disini.


2.  Loveable (Abdul & The Coffee Theory)
Abdul & The Coffee Theory

Lagu dari grup musik Abdul & The Coffee Theory ini dirilis tahun 2013 dengan genre pop dengan sentuhan jazz. Grup musik ini sebenarnya lebih terlihat seperti solo project dari penyanyi asal Medan yang bernama lengkap Tengku Muhammad Abdullah Amin Anshari. Meskipun demikian, nuasa groovy dan jazzy pada grup musik ini begitu terasa apik dan nikmat untuk didengarkan. Lagu yang berjdul "Loveable" ini memang sangat cocok dan enak dimainkan dengan ukulele. Selain karena lagunya sederhana dan easy listening, pada aransemen aslinya lagu ini juga menggunakan instrumen ukulele sehingga cukup mudah mengikuti aransemennya.


3. Do Re Mi (Budi Doremi)
Budi Doremi

Lagu unik satu ini sempat begitu hits di tahun 2012. Dibawakan oleh penyanyi asal Serang yang bernama asli Syahbudin Syukur, namun berkat lagu ini lebih dikenal dengan nama Budi Doremi. Lagu santai dengan lirik yang unik berupa kepanjangan dari do re mi fa sol la si do dibawakan dengan santai oleh Budi Doremi yang memakai kemeja kotak-kotak (waktu itu sangat trend sekali) dan guitalele (waktu itu guitalele masih sangat jarang ada yang menggunakan apalagi di tv). Nah, karna aslinya saja menggunakan guitalele, maka akan sangat enak kalau lagu ini dimainkan dengan ukulele.


4. Hey Cantik (Shaggydog)
Shaggydog

Lagu bernuansa ska dan dansa ini adalah milik grup musik asal Yogyakarta yang cukup senior, yaitu Shaggydog. Band yang didirikan tahun 1997 ini beranggotakan Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik dan Yoyo. Band ini sudah cukup dikenal di luar negeri dan sampai saat ini masih konsisten dengan nuasa ska dan dansa. Lagu yang berjudul "Hey Cantik" ini dirilis tahun 2006 sangat enak dimaikan dengan ukulele. Jadi cukup recomended untuk dibawakan dengan ukulele kamu.



5. I Miss You But I Hate You (Slank)
Slank


Lagu dari grup band yang cukup legend ini memang judulnya berbahasa Inggris, namun sebagian besar liriknya berbahasa Indonesia. Siapa yang tak kenal slank sih? Band besar Indonesia yang dibentuk 8 tahun sebelum Saya dilahirkan ini, fansnya dari mulai anak kecil sampe yang udah punya cucu ada semua. Lagu yang dirilis tahun 2002 yang waktu itu Saya masih sekolah di sekolah dasar (udah tua ya? haha) ini sampai saat ini pun rasanya masih enak didengar. Dan pastinya cocok juga dijadikan sebagai pilihan lagu untuk menemani permainan ukulele kamu.


6. Opening Ost. Crayon Shinchan Indonesia 


Wow lagu ini familiar sekali pastinya bagi kamu-kamu yang lahir tahun 90-an. Bagi generasi 90-an hari Minggu adalah hari yang ditunggu untuk menonton film kartun dari pagi banget sampai siang. Itu adalah masa kecil yang menyenangkan, tanpa handphone, tanpa internet, tanpa sosial media, dan tetap seru. Lagu soundtrack film Shinchan pada bagian opening ini memang dialih bahasakan dari bahasa aslinya, Jepang. Namun, rasanya lagu ini sudah sangat menempel di kuping saya khususnya. Lagu ini cukup enak dimainkan dengan ukulele kamu.


7. Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan (Payung Teduh)
Payung Teduh

Lagu ini dirilis tahun 2012, tetapi saya pertama kali dengar lagu ini sekitar akhir tahun 2013. Lagu milik grup musik yang menamakan dirinya Payung Teduh ini sangat lembut dan romantis. Alunan musik fusion antara folk, jazz, dan keroncong ini sangat apik dinyanyikan oleh gitaris yang lebih akrab dengan sapaan "Is". Grup musik ini digawangi oleh Alejandro Saksakame, Comi Aziz Kariko, Ivan Penwyn, dan Mohammad Istiqamah Djamad (Is). Pada formasi ini adalah instrumen guitalele yang dimainkan oleh Ivan Penwyn yang menjadikan nuansa keroncong terasa di setiap lagu-lagunya. Tentunya lagu ini sangat cocok untuk dimainkan bersama ukulele. Contohnya bisa kamu lihat disini.


8. Karena Kamu Cuma Satu (Naif)
Naif

Naif adalah band yang sejak dulu tak pernah absen dari pensi-pensi anak SMA. Suara David yang khas bersama alunan musik vintage dari mulai melow sampai yang asik untuk bergoyang pastinya asik untuk ditonton di pensi sekolah. Lagu yang berjudul "Karena Kamu Cuma Satu" ini dirilis tahun 2011. Memang tidak seterkenal lagu benci untuk mencinta. Tapi lagu ini bisa jadi lagu yang recomended buat kamu nyanyikan bersama ukulele kamu buat someone kamu 😋.


9. Ceria (J-Rocks)
J-Rocks

Lagu ini dirilis tahun 2005 di album "Topeng Sahabat" oleh band yang mengusung aliran Japanese Pop/ Rock, J-Rocks. Band yang beranggotakan Iman padaVocal/Guitar, Sony padaLead Guitar, Wima pada Bass, dan Anton pada Drum ini kariernya berawal dari festival music nescafe tahun 2004 dan berhasil menjuarainya. Saat pertama kali saya dengar lagu-lagunya J-Rocks sangat mengingatkan pada L-arc en Ciel. Ya memang mereka terpengaruh sekali dengan musik tersebut. Nah lagu yang berjudul "Ceria" ini sangat cocok menemani nyanyian ukulele kamu dengan nuansa yang ceria juga.



10. Cinta Melulu (Efek Rumah Kaca)

Band asal Jakarta ini sebagai band indie bisa dibilang band senior karena sudah terbentuk sejak tahun 2001. Band yang dibentuk oleh Cholil dan Adrian ini meskipun sudah lama berdiri tapi baru merilis tiga buah album. Sungguh penantian panjang bagi para penggemar Efek Rumah Kaca (ERK). Lagu yang berjudul "Cinta Melulu" ini berhasil membuat ERK jauh lebih dikenal oleh khalayak meskipun berada di jalur sidestream. Dan lagu ini bisa jadi salah satu lagu pilihan kamu untuk dimainkan bersama ukulele dengan nuasan indie. Hehehe..


11. Ending Ost. Chibi Maruko Chan Indonesia

"Sekarang ganti baju, agar menarik hati ayo kita mencari temaan..." Wah lagu ini rasanya sangat riang dan manis sekali. Film kartun yang dinanti setelah doraemon dan shinchan ini memiliki theme song yang enak dimainkan dengan ukulele. Jadi buat kamu yang sedang mencari lagu untuk dimainkan bersama ukulele, lagu ini bisa dijadikan pilihan.


Nah, itulah 11 Lagu Indonesia Terbaik Yang Enak Dimainkan Dengan Ukulele versi Sigufi. Tidak ada urutan atau penilaian mana yang paling bagus atau yang paling tidak bagus. Semoga ini bisa membantu kamu yang sedang mencari lagu untuk dimainkan bersama ukulele. Apakah kamu punya tambahan lagu? Boleh ditulis di kolom komentar ya.. Sampai ketemu lagi. Salam. I.

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.