Find us on Facebook

Langkah Penting Menghindari Virus Windows Tanpa Antivirus





Virus komputer, terutama pada sistem operasi windows , tentu sangat mengganggu sekali. Software antivirus memang salah satu upaya proteksi yang bisa dilakukan untuk komputer atau laptop kamu. Tapi software antivirus sering kali membuat komputer atau laptop kamu menjadi lemot atau berjalan lambat terutama bagi kamu yang memiliki laptop atau komputer dengan spesifikasi yang kurang tinggi. Kali ini Saya akan berbagi pengalaman mengenai proteksi laptop atau komputer dari serangan virus, khusus untuk kamu yang menggunakan sistem operasi windows.

Sebenarnya hampir 5 tahun Saya tidak pernah menginstall software antivirus di laptop Saya. Ya, selain spesifikasi laptop Saya yang biasa saja, menurut Saya software antivirus yang ada kurang begitu efektif. Saya cukup menggunakan Windows Defender yang sudah terpasang otomatis bersama sistem operasi windows. Rutin saja untuk mengupdatenya, meskipun ini pun tidak terlalu penting dilakukan.

Hal yang terpenting dalam mencegah masuknya virus ke dalam laptop kamu adalah flashdrive atau flashdisk yang masuk ke laptop atau komputer kamu. Jadi supaya aman, jangan pernah menggunakan flashdisk. Tapi jika terpaksa harus menggunakannya, terutama memasukan flashdisk orang lain ke dalam laptop atau komputer kamu, hal yang perlu dilakukan adalah menonaktifkan fitur autoplay pada laptop atau komputer kamu. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke Control Panel.
Kamu bisa klik start dan langsung ketik "control panel" dan klik control panel.

2. Ubah View by pada Control Panel menjadi large icon atau small icon


3. Klik Autoplay


4. Hilangkan tanda ceklist pada "Use AutoPlay For All Media..." kemudian klik save

Nah, dengan demikian bila ada flashdisk yang masuk ke dalam laptop kamu, andaikan flashdisk tersebut terdapat virus, virus tersebut tidak akan langsung dibaca oleh sistem kamu. Dan jangan lupa ketika menemukan file aneh di dalam flashdisk kamu, terutama dengan tipe aplikasi atau berektensi .exe atau .bat jangan pernah kamu buka. Lebih baik kamu hapus saja. 

Itu adalah cara Saya memproteksi laptop dari virus tanpa antivirus. Berdasarkan pengalaman selama ini, laptop saya aman-aman saja meskipun tidak terinstall antivirus. Semoga bermanfaat. Salam. I.

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.