Find us on Facebook

Cara Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Pada Printer Canon


gambar: klikbebas.blogspot.com

Hari ini saya sedang terburu-buru untuk nge-print banyak dokumen pekerjaan saya. Baiknya sih dari kemarin sudah saya print dokumen ini. Tapi karena saya kira printer baik-baik saja, jadi ditunda saja besok. Tapi ternyata esok hari saat saya sedang print dokumen saya, baru empat lembar hasilnya jadi bergaris. Saya coba lakukan maintenace software dengan clean printer, dan  hasilnya pun bagus. Tetapi saat saya print lagi dokumennya, hasilnya tetap bergaris. Sudah bolak-balik dicoba clean tetap saja bergaris. Akhirnya saya coba tanya pada google, dan ada beberapa halaman yang saya baca. Jadi begini caranya, sangat sederhana sekali.

1. Cek Kabel Infus
 Bila printer anda menggunakan teknologi infus sebagai penyuplay tinta ke dalam cartridge, anda pastikan dulu bahwa selang infusnya tidak terjepin atau terhalang. Sehingga tinta dalam tabung infus printer anda mengalir dengan lancar. Tapi kalau printer Anda tidak memakai teknologi infus, langsung saja pada cara yang kedua.

2. Periksa Head Cartridge
 Bila sudah pasti tinta pada selang infus anda mengalir dengan lancar, selanjutnya coba buka printer anda. Kemudian cek head cartridge anda. Head yang dimaksud adalah bagian bawah cartridge yang berfungsi mencetak dokumen anda (bagian yang mengeluarkan tinta). Bila head terlihat kitor, bersihkan dengan tisue bersih. Setelah besih, pasangkan kembali cartridge pada tempatnya.

3. Lakukan Maintenace Software
Sebenarnarnya kalau sudah yakin aliran tinta berjalan dengan baik, anda bisa langsung melakukan langkah ketiga ini, yaitu maintenance software. software ini biasanya sudah include dengan software driver bawaan canon. maintenance yang harus dilakukan adalah cleaning, deep cleaning, dan yang terakhir yang penting adalah print head alighment seperti gambar di bawah ini. setelah itu coba cek print lagi dokumen anda.

Itulah cara mengatasi hasil cetak bergaris pada printer canon. Akhirnya dokumen saya telah selesai saya cetak semua. Semoga bermanfaat. (aii)


No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.