10 Gerakan Senam Untuk Meninggikan Badan



Memiliki postur tubuh ideal memang merupakan dambaan semua orang. Tinggi badan yang kurang ideal menjadikan seseorang menjadi kurang percaya diri. Apalagi bagi seorang pria. Memiliki tinggi badan yang lebih pendek dari pasangan menjadi momok tersendiri. Sebagai alternatif untuk mengatasinya berikut ini ada beberapa gerakan senam yang dapat membantu meninggikan tinggi badan Anda, terutama bagi Anda yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Namun sebaiknya Anda tetap konsultasi dengan dokter mengenai program senam ini.



1. Cobra

Letakkan posisi tubuh seperti telungkup dilantai dengan kedua telapsk tangan menempel dilantai. Sambil mendorong bahu Anda terangkat dan posisi Anda menjadi seperti kobra. Lengkungkan tubuh Anda sejauh mungkin. Dan dilakukan antara 5-30 detik.

2. Super cobra

Lakukan senam ini mulai dengan posisi akhir seperti cobra kemudian angkat panggul anda hingga membentuk posisi V terbalik. Ketika Anda melakukan ini, tundukkan kepala Anda hingga dagu menempel ke leher/dada. Lalu kembali ke posisi awal. dilakukan antara 10-20 detik.


3. Cat Stretch

Letakkan posisi telapak tangan dan lutut Anda menempel dilantai. Tarik napas saat Anda melengkungkan punggung ke bawah hingga kepala Anda terangkat. Hembuskan napas ketika Anda menundukkan kepala dan melengkungkan punggung ke atas. Lakukan kegiatan ini 3-8 detik.

4. Basic Leg Stretch

Kaki dibuka selebar mungkin sambil posisi duduk. Masing-masing tangan Anda menyentuh ujung kaki. Coba pertahankan kaki Anda tetap selurus mungkin. Lalu pindahkan gerakan menyentuh ujung kaki satunya. Usahakan tulang punggung Anda tetap lurus dan gerakan perpindahan dari kiri ke kanan atau sebaliknya adalah dari pinggang. Peregangan ini bekerja untuk tulang punggung dan kaki. Lakukan latihan ini berlangsung 6-15 detik.

5. The Bridge
 
Letakkan posisi berbaring dengan lutut dan telapak kaki menempel dilantai sedekat mungkin dengan pantat. Raih pergelangan kaki dan tetap pegang sementara Anda menaikkan panggul Anda dan melengkungkan punggung Anda, angkat perut Anda setinggi mungkin. Kembali lagi turun. Jika Anda tidak bisa memegang terus pergelangan kaki Anda, jaga tangan Anda disamping dan pakai untuk mendorong tubuh Anda ke atas saat gerakan naik. Lakukan 3-10detik. Senam ini bila dilakukan pertama kali agak berat, tetapi bila sering melakukannya akan mudah.

6. The Table

Posisi duduk dilantai dengan kaki lurus. Dengan posisi tegak lurus, letakkan telapak tangan Anda dilantai disebelah pantat. Kemudian tempelkan kepala Anda hingga dagu menempel ke dada. Kemudian angkat kepala Anda hingga melihat ke atas sejauh mungkin. Ketika melakukan itu, naikkan juga badan Anda sehingga lutut bertekuk sementara tangan tetap pada posisi awal dan lurus. Punggung dan kaki bagian atas Anda harus membentuk garis lurus horizontal dengan lantai. Tangan dan kaki bawah Anda akan tegak lurus dengan lantai. Jika Anda tidak dapat melakukannya dengan benar, coba lakukan sebaik mungkin, perlahan Anda akan bisa melakukannya dengan mudah. Lakukan 8-20 detik.

7. The Bow Down

Posisi berdiri dengan tangan pada pinggang Sementara tangan tetap menempel di pinggang, membungkuklah ke depan sejauh mungkin. Jangan menekuk lutut dan jangan sampai dagu menempel ke dada. Lakukan 4-8 detik.


8. The Yawn

Posisi berdiri dengan tangan saling berpegangan di belakang kepala, lengkungkan badan ke belakang sejauh mungkin. Lakukan 5-15 detik


9. The Super Stretch

Posisikan lurus kemudian naikkan tangan ke atas setinggi mungkin. Rasakan peregangan di punggung bawah Anda. Super strectch dapat dilakukan dengan berdiri ataupun berbaring. Lakukan 4-7 detik


10. Hands on the Head Bow Down

Posisi berdiri dengan kedua tangan dibelakang leher, membungkuk ke depan sejauh mungkin. Tempelkan dagu pada dada dan jangan menekuk lutut. Lakukan 4-8 detik.


Nah itulah 10 gerakan senam untuk membantu menambah tinggi badan Anda. Senam tersebut dapat Anda lakukan di rumah. Asalkan dilakukan dengan rutin dan benar, pasti Anda akan mendapatkan hasil yang optimal. Alangkah lebih baik bila dibarengi dengan asupan gizi yang baik, terutama kalsium dan zink. (aii)

sumber: obatpeninggibadan.org

Tidak ada komentar:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Diberdayakan oleh Blogger.