Find us on Facebook

Alasan Mengapa Membakar Sampah Lebih Baik Dilakukan pada Siang Hari




Mungkin Anda pernah mengalami rasa kesal ketika malam hari ada yang membakar sampah di sekitar kompleks rumah Anda. Tentu saja Anda merasa tidak nyaman dengan bau dari asap pembakaran sampah tersebut. Tetapi apakah Anda sadari jika sampah tersebut dibakar pada siang hari baunya tidak akan menyebar ke rumah anda bahkan relatif tidak tercium. Mengapa demikian?


Peristiwa ini erat kaitannya dengan fenomena konveksi zat. Konveksi merupakan perpindahan kalor yang diikuti dengan perpindahan zat perantaranya. Perpindahan zat perantara ini disebabkan oleh massa jenis yang berbeda.

Pada waktu siang hari, tanah relatif lebih tinggi suhunya dibandingkan daerah di atasnya sehingga udara di sekitar tanah jauh lebih panas dibandingkan udara di atasnya. Karena udara panas massa jenisnya lebih kecil, maka dia akan naik ke atas. Oleh karena itu asap atau bau dari sampah yang dibakar akan ikut naik ke atas.

Berbeda halnya pada saat malam hari, dimana udara di sekitar tanah lebih dingin dibandingkan udara di atasnya. Udara dingin lebih besar massa jenisnya dibandingkan udara panas, sehingga tidak bisa udara yang di bawah naik ke atas. Oleh karena itu bila Anda membakar sampah pada malam hari, asap atau baunya tidak akan naik tetapi menyebar ke sekitarnya. *aii

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.