Find us on Facebook

Ukulele Adalah ...





Ada yang tidak tahu alat musik ini? Rasanya jarang menemukan orang yang tidak tahu alat musik ini. Setidaknya meskipun tak tahu namanya, tapi pasti sudah pernah melihatnya. Ya. Ukulele.

Ukulele adalah alat musik petik sejenis gitar yang berukuran kecil sekitar 20 inci dengan 4 buah senar. Alat musik ini merupakan alat musik asli Hawaii dan ditemukan sekitar tahun 1879. Dalam Bahasa Hawaii, "ukulele" artinya "kutu loncat". Kenapa sisebut kutu loncat, Anda bisa baca sendiri sejarahnya disini

Di Indonesia sendiri ukulele sudah sangat lama dikenal. Sejah tahun 1880-an alat musik ini sudah menjadi alat musik utama dalam musik keroncong yang merupakan musik asli Indonesia. Ukulele ini berperan besar terhadap nama keroncong, karena bunyinya yang dominan dengan suara crong, crong, crong sehingga menjadikan musik ini bernama keroncong.

Kabarnya ukulele ini pertama kali ditemukan pada saat orang-orang Portugis dan Portugal melakukan perjalanan ke Hawai melalui Afrika Selaran. Salah seorang dari mereka membawa gitar kecil yang disebut braginho di Portugal. Lalu kemudia alat musik tersebut menjadi populer di Hawaii dengan ukuran yang lebih kecil dan disebut Ukulele.

Ada empat jenis ukulele berdasarkan ukurannya, yaitu :
1. Ukulele soprano, dengan ukuran 21" dan tuning G'C'E'A' (tuning C) atau A'D'F#'B' (tuning D)
2. Ukulele concert, dengan ukuran 23" dan tuning G'C'E'A' (tuning C) 
3. Ukulele tenor, dengan ukuran 26" dan tuning G'C'E'A' (tuning C) atau A'D'F#'B' (tuning D)
4. Ukulele baritone, dengan ukuran 30" dan tuning DGBE (tuning G) 



Tuning ukulele standar pada umumnya ada dua tuning, yaitu tuning C dan tuning D. Tuning C seperti gitar standar dengan capo di fret 5 sedangkan tuning D seperti gitar standar dengan capo di fret 7. Hanya saja untuk ukulele pada senar ke empat nada yang dihasilkan masih satu oktaf dengan nada pada senar satu. Khusus untuk ukulele ukuran baritone, tuningnya sama seperti gitar standar untuk empat senar pertama dari bawah. Sama seperti pada ukulele lainnya nada yang dihasilkan oleh senar satu dan empat merupakan nada dalam oktaf yang sama.

Berikut ini perbandingan ukuran umum dari keempat jenis ukulele.

Dan berikut ini diagram chord basic untuk ukulele.
Saya juga senang sekali bermain ukulele. Untuk sharing mengenai ukulele teman-teman bisa comment di kolom komentar atau di video-video yang saya buat. I.

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.