Find us on Facebook

Nilai Mata Uang Terendah Di Dunia Di Bawah Rupiah


Aloha! Masih di suasana lebaran nih. Gimana THR-nya masih ada? Atau habis dibagi-bagi ke sanak saudara? 😂 Gara-gara lihat di explore instagram ada yang jual barang dengan harga RM atau Ringgit Malaysia, saya jadi penasaran cek berapa jika dikonversi ke nilai Rupiah. Eh ternyata 1 RM itu tiga ribu rupiah lebih yah. Walach sebegitu rendahnya kah nilai rupiah?

Dari situ saya penasaran apa ada mata uang di dunia yang dibawah Rupiah (IDR)? Ternyata ada kawan-kawan. Yah, walaupun nilainya gak terlalu jauh dari rupiah, setidaknya IDR bukan mata uang terendah banget sedunia. 

Ada banyak kah mata uang yang nilainya di bawah rupiah? Banyak. Tiga! 😂 Ini berdasarkan kurs bulan ini ya.. (Juni 2017) Biar jelas kita bahas aja satu-satu. Karena Indonesia Rupiah merupakan mata uang dengan nilai terendah ke-4 sedunia, kita bahas dari ke-3 sampai yang paling rendah sedunia ya.

1. Dobra (Republik Demokratik Sao Tome dan Principe)


Mata uang terendah ketiga di dunia adalah Dobra (kodenya STD) dari Negara Republik Demokratik Sao Tome dan Principe. Pernah dengar negara ini? Jujur saya sendiri baru tau sekarang ada negara tersebut. 😂 Negara ini ada di daerah Afrika tengah, jadi negara ini adalah sebuah negara kepulauan yang terletak 300 km dekat garis khatulistiwa, dan 250 km dekat Samudra Atlantik, dan terletak di sebelah utara-barat lepas pantai Gabon.

Nilainya itu jika dibandingkan dengan rupiah, 1 Rupiah = 1,64 Dobra. Yaa meskipun tidak terlalu jauh beda, setidaknya kalau kawan-kawan punya uang sejuta dalam rupiah disana masih ada lebihnya 640ribu Dobra. Jadi, coba deh liburan ke Republik Demokratik Sao Tome dan Principe 😂

2. Dong (Vietnam)



Mata uang terendah kedua di dunia diduduki oleh tetangga kita di ASEAN, yaitu Dong (kodenya VND) dari Vietnam. Kalau negara ini sih pasti sudah tau dong.. mata uangnya DONG 😂 Pasti tau, karna dari SD juga sudah diajari negara-negara ASEAN dan disuruh menghapal.

Nah, nilainya itu bila dibandingkan dengan rupiah, 1 Rupiah = 1,7 Dong. Sebetulnya gak terlalu jauh sih ya dengan nilai mata uang sebelumnya. Tapi setidaknya masih ada lebih 700ribu kalau ditukar sama sejuta rupiah. 😂 Makanya liburan ke Vietnam aja jangan ke Singapura. 😂

3. Rial (Iran)



Nah, nilai mata uang terendah di dunia saat ini dipegang oleh Iran dengan nama mata uang Rial (kodenya IRR).  Wah ternyata jawaranya dipegang sama salah satu negara timur tengah nih. Loh kok kenapa ya bukannya negara-negara timur tengah itu kaya raya? Hmm.. sebetulnya ada banyak hal yang mempengaruhi nilai tukar mata uang di dunia. Nanti saya coba share ya.

Jadi bila Rial Iran dibandingkan dengan rupiah, 1 Rupiah = 2,44 Rial Iran. Nah, jadi yang mau jadi TKI atau TKW jangan milih ke Iran deh, cari negara timur tengah yang lebih kaya raya dan nilai mata uangnya tinggi, biar ngirim ke tanah air jadi banyak 😂


Nah jadi itu dia kawan-kawan, tiga mata uang dunia yang nilainya lebih rendah dibandingkan Indonesia Rupiah (IDR). Nilai tersebut per Juni 2017 ya. Karna nilai tukar mata uang tidak selalu tetap, bisa saja besok atau nanti malam sudah berubah.

Semoga artikel ini bermanfaat. Salam. IS.

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.