Find us on Facebook

Cara Baca Diagram Chord atau Kunci Ukulele


Hai teman-teman :)

Buat kamu yang suka dengan musik, terutama memaikan  musik. Kamu harus coba mainkan ukulele. Kenapa ukulele? Karena selain ukurannya yang imut dan praktis dibawa kemana-mana, ukulele juga relatif lebih mudah dimainkan. Mungkin bagi orang awam seperti saya misalnya, ketika mendengar ukulele pasti identik dengan pengamen, keroncong, atau anak punk jalananan yang buat kebanyakan orang menakutkan. Tapi setelah saya coba-coba untuk belajar sendiri, browsing, dan liat di YouTube, ternyata semua itu tidak benar. Ukulele bisa dimainkan hamir untuk banyak jenis musik. Kamu bisa memainkan lagu pop, rock, reggae, bahkan jazz sekalipun.

Buat teman-teman yang takut memulai karena gak ada yang ngajarin, tenang saja. Karna belajar sendiri dari internet, blog, atau youtube sudah cukup untuk sekedar memainkan dan mendendangkan lagu-lagu kesayangan teman-teman. 

Hal kedua yang penting dilakukan untuk memulai memainkan ukulele, selain melalakukan tuning atau stem ukulele seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya, adalah bisa membunyikan kunci atau chord. Untuk bisa melakukannya, teman-teman tinggal googling saja, karena banyak diagram chord ukulele di google. Nah, namun teman-teman harus mengerti bagaimana cara membacanya. Berikut saya jelaskan cara membacanya dan semoga membantu.




Pada gambar di atas dijelaskan maksud bagian-bagian pada diagram chord. 
1. Fret itu maksudnya adalah kolom pada ukulele. Fret ke-1 artinya kolom pertama pada ukulele. 

2. Senar ke-1 dalam ukulele adalah senar yang paling bawah, dan senar ke-4 adalah senar paling atas. 

3. Bulatan hitam yang ada angka 1 sampai 4 itu menunjukan kolo dan senar ana yang harus ditekan. Angka 1 menunjukan bahwa senar harus ditekan dengan jari telunjuk, angka 2 untuk jari tengah, angka 3 untuk jari manis, dan angka 4 untuk jari kelingking.

4. Untuk beberapa chord ada biasaya ada bulatan berwarna putih di luar fret, itu menunjukan senar tersebut dibunyikan dengan terbuka (tanpa ditekan senarnya). Contohnya pada chord berikut. 


Senar ke-4 pada chord G dibiarkan terbuka tetapi tetap dibunyikan. Beda untuk chord tertentu yang tanda tesebut diganti dengan tanda silang (X), itu menunjukan senar tersebut tidak boleh dibunyikan.

Nah, kurang lebih begitu cara membaca diagram chord pada ukulele. Semoga membantu ya.. Salam. IS. Aloohaaa!

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.