Find us on Facebook

Cara Tune atau Stem Ukulele


Hai teman-teman :) 


Hal yang terpenting saat kamu memulai bermain ukulele selain ada ukulelenya adalah melakukan tuning atau stem pada ukulelenya. Stem atau tuning ukulele maksudnya adalah mengatur nada pada tiap senar ukulele kamu dengan nada yang standar. Telah saya jelaskan pada postingan sebelumnya bahwa setidaknya ada tiga tuning ukulele yang umum digunakan pada ukulele hawaii. Yang sangat umum digunakan adalah tuning C.

Nada standar pada tuning C ini sering disebut dengan tuning GCEA. Senar paling atas atau senar ke-4 nadanya adalah G, senar ke-3 nadanya adalah C, senar ke-2 nadanya adalah E, dan nada pertama atau senar paling bawah nadanya adalah A.

Untuk mengatur nada pada senar ukulele kamu dengan akurat, kamu bisa menggunakan sebuah alat yang dinamakan tuner. Tuner ini di pasaran banyak sekali dijual. Contohnya seperti ini.



Kamu bisa cari di toko musik terdekat atau cari di toko online. Dengan harga mulai 50ribu-an kamu sudah bisa mendapatkan alat ini. Namun bila kamu memiliki smartphone dan mau sedikit hemat, kamu bisa memanfaatkan smartphone untuk menjadikannya sebagai tuner. Banyak aplikasi tuner baik di playstore maupun appstore. Namun saya pribadi lebih suka aplikasi yang namanya SmartChord. Karena selain tuner, di dalamnya terdapat berbagai fitur yang tentunya membantu kamu dalam belajar ukulele. Bagi kamu yang mau link aplikasi SmartChord untuk android, bisa klik disini. Spoilernya seperti berikut.


Nah, kalau ukulele kamu tuning/ stemnya sudah bener. Kamu bisa nyaman deh main ukulelenya, karena suaranya gak fales. Semoga bermafaat ya. Salam. IS. Alohaaa!

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.