Find us on Facebook

Review Travel Saxophone LittleSax 11-Holes


Aloha! Apakah kawan-kawan suka mendengar suara saxophone? Ya, saxophone. Alat musik tiup ini memang memiliki suara yang begitu indah dan romantis. Tapi jangan salah, memainkan alat musik ini tidaklah mudah. Sangat sulit memainkan alat musik ini supaya menghasilkan suara yang indah dan tepat notasinya. Dan, selain sulit memainkannya, alat musik ini juga harganya tidaklah murah. Sekalipun itu saxophone abal-abal, tetap saja harganya mahal. 



Namun buat kawan-kawan yang tertarik belajar saxophone namun dananya belum ada,  mungkin alat musik ini bisa dijadikan pilihan. Alat musik ini sebenarnya saxophone juga, sama-sama menggunakan mouth piece dan reed seperti saxophone. Hanya saja alat musik ini adalah versi portabel atau travel saxphone, yang sebetulnya diperuntukan untuk kawan-kawan yang ingin memainkan saxophone saat dalam perjalanan atau liburan. Selain karena ukurannya yang lebih kecil, bentuknya juga ringkas dan bisa disimpan dengan mudah di tas kawan-kawan semua.

Ada beberapa merk atau brand travel saxphone yang beredar di dunia, contohnya yang cukup terkenal adalah Xaphon dan Tupian. Namun jika kawan-kawan yang tabungannya masih terbatas dan banyak keperluan lain, saya rasa dua brand ini kurang bersahabat. Hehehe.. Saat itu saya tidak sengaja mendapatkan rekomendasi dari online shop china, disitu tertulis LittleSax like xaphone. Yang menarik adalah harganya yang jauh sekali dari harga xaphone. Jauhnya, jauh lebih murah ya. Hehe..

LitteSax ini ternyata dibuat oleh LinXian He. Saat itu saya langsung cari di YouTube mengenai LittleSax ini, dan ternyata ada video permainan LitteSax yang langsung dimainkan oleh pembuatnya. Dan seketika setelah melihat video itu saya langsung jatuh cinta dengan suara LittleSax ini. Video yang saya lihat itu adalah video berikut.


Dalam video tersebut LinXian He memainkan lagu "Misty" yang kebetulan saya suka sekali dengan lagu itu. Setelah melihat video itu, tanpa berpikir panjang saya langsung membeli travel saxphone LittleSax. Dan beberapa hari kemudian paket sampai ke rumah saya. Namun saat saya mencobanya, ternyata tidak semudah yang dibayangkan dan dilihat di video di atas. Susah sekali meniupnya. Kawan-kawan bisa lihat sendiri di video di bawah ini.



Setelah saya cari tau lagi ternyata memang meniupnya hampir sama dengan saxophone alto pada umumnya. Sehingga buat kawan-kawan yang tertarik memainkannya, harus sabar untuk belajar agar suara yang keluar bisa merdu. Selain itu ternyata LIttleSax ini mengeluarkan 2 jenis travel saxophone. Yang pertama adalah LittleSax 11-Holes, seperti yang saya beli yaitu LittleSax yang memiliki 11 lubang. Menurut website resminya, jenis yang pertama ini yang pertama kali dibuat. Dan menurut masukan dari para penggunanya, jenis yang pertama ini sedikit sulit dimainkan. Oleh karena itu LinXian He membuat jenis yang kedua yaitu LittleSax 8-Holes, jadi jenis yang kedua ini hanya memiliki 8 lubang. Dia mengklaim jenis ini lebih mudah digunakan, namun tidak semua lagu dapat dimainkan dengan travel saxophone jenis ini. Berbeda dengan LittleSax 11-holes yang menurutnya hampir tidak ada lagu yang tidak bisa dimainkan dengan LittleSax 11-holes.




Baiklah, mungkin hanya itu yang bisa saya share pada kawan-kawan semua. Semoga bermanfaat. Salam. IS.

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.