Find us on Facebook

Hati-hati Google Punya Banyak Data Pribadi Kita

Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi saat ini sangat melenakan. Teman-teman sekalian tentu dapat merasakan bagaimana kemudahan yang diberikan oleh teknologi yang bersifat mobile. Jika dibandingkan dengan satu dekade yang lalu sungguh terasa sekali bedanya. Saat ini rasanya semua pekerjaan dapat dilakukan dan dibawa kemana-mana dengan ponsel pintar atau perangkat mobile sejenisnya. Bahkan ponsel kita dengan pintarnya bisa mengetahui kebiasaan kita dan apa-apa saja yang akan kita lakukan setiap harinya. Pernahkah teman-teman mendapatkan notifikasi mengenai hal-hal yang harus dikerjakan setiap harinya oleh Google? Ya, kalau teman-teman perhatikan, Google dapat mengetahui rutinitas kita sehari-hari.

Dari mana Google bisa mengetahui kebiasaan kita?

Bagi teman-teman yang sering menggunakan aktivitas internet dengan akun Google, terutama bagi teman-teman pengguna ponsel Android, inilah penyebabnya. Ketika ponsel kamu terkoneksi dengan akun Google dan internet, maka semua aktivitas kamu yang dilakukan di ponsel akan terekam. Dan secara otomatis Google akan menyimpan data-data tersebut. Bahkan ketika kamu menggunakan fitur Google voice, suara kamu akan tersimpan oleh Google.




Apakah ini membahayakan?

Jawabannya adalah tergantung. Di satu sisi, ketika Google menyimpan semua aktivitas kita, kita akan mudah mendapatkan data-data yang mungkin kita lupakan dan suatu saat dibutuhkan. Tapi yang menjadi berbahaya adalah ketika orang lain yang tidak bertanggung-jawab dapat membuka akun Google kita. Bayangkan saja semua aktivitas kita, kebiasaan kita, lokasi-lokasi yang sudah kita kunjungi, bahkan suara kita bisa dibuka dengan mudah.

Dimana kita bisa melihat riwayat data-data kita?

Teman-teman bisa buka di myactivity.google.comDisitu kamu bisa lihat aktivitas apa saja yang telah dilakukan baik di ponsel maupun komputer yang terhubung dengan akun Google kamu.


Bagaimana cara mengelolanya agar lebih aman?

Menurut pendapat pribadi saya, teman-teman bisa hapus aktivitas yang terekam di Google dengan masuk ke myactivity.google.com. Tapi jika kamu sekiranya memerlukan data-data tersebut suatu saat, kamu bisa memilih beberapa data saja yang dihapus. Misal data suara kamu. Menurut saya itu penting dihapus untuk menghindari seseorang menirukan suara kita untuk kepentingan yang kurang baik.




Selain melakukan penghapusan data aktivitas Google, temen-temen bisa mengamankan akun anda dengan mengganti password secara berkala. Namun jika ingatan kamu tidak terlalu kuat, kamu bisa menambahkan fitur keamanan lain seperti nomor handphone atau email yang lain.

Nah, mungkin itu saja yang bisa saya share kali ini. Kalau ada yang salah tolong koreksi ya. Semoga bermanfaat. Tetap waspada dalam menggunakan teknologi terutama berbasis internet yaa.. 

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.