Find us on Facebook

Cara Memasang Preamp Ukulele Sendiri



Aloha!

Jadi ceritanya begini: Saya lihat di online shop ada preamp ukulele yang murah banget. harganya cuma 100ribuan gitu. Udah gitu preamp-nya sudah ada tunernya. Kurang lebih seperti ini penampakan preamp tersebut.
Murah banget kan 100ribu dapet preamp kaya gitu? Akhirnya saya coba beli preamp tersebut. Sekaligus 2 pcs 😁 Dan pas preamp-nya sampai ke rumah, diunboxing, dan dicek ternyata berfungsi dengan baik.


Permasalahannya adalah saya belum pernah memasangkan preamp ukulele pada ukulele. Dulu sempat sih pasangin preamp gitar pada gitar akustik, dan hasilnya tidak begitu bagus 😆 Tapi saya tidak kapok untuk mencobanya kembali. Akhirnya saya putuskan untuk mencoba memasangkan sendiri preamp tersebut pada ukulele saya. Ukulele yang akan saya pasangkan preamp adalah ukulele merk Cowboy ukuran Tenor. Yaa... ukulele yang murah meriah, jadi kalau gagal setidaknya tidak terlalu menyakitkan. 😆

Ukulele yang saya gunakan seperti di video di bawah ini.




Setelah mengumpulkan keberanian akhirnya saya mulai melakukan instalasi preamp tersebut pada ukulele cowboy saya. Sebetulnya peralatan yang digunakan cukup sederhana, yaitu:

  1. Preamp ukulele yang mau dipasang;
  2. Ukulele yang akan diinstal preamp;
  3. Bor;
  4. Pisau Cutter;
  5. Paper tape;
  6. Pensil; dan
  7. Amplas.
Caranya juga sangat sederhana, yaitu:

  1. Melepaskan semua senar pada ukulele;
  2. Menentukan letak posisi preamp pada ukukeke;
  3. Membuat pola sesuai bentuk preamp pada body ukulele;
  4. Melubangi body ukulele;
  5. Memasangkan preamp pada lubang yang sudah dibuat;
  6. Melubangi bridge untuk kabel piezo dan memasangkannya;
  7. Mengurangi ketebalan saddle;
  8. Menghubungkan kabel-kabel atau kelistrikannya.
Untuk lebih jelasnya kawan-kawan bisa lihat video di bawah ini.



Jadi begitulah saya melakukan instalasi preamp pada ukulele saya sendiri. Dan untungnya berhasil sehingga ukulele saya tidak jadi bahan hiasan doang 😄 Baiklah semoga tulisan ini bermanfaat. Sampai jumpa! Mahaloo :)

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.