Find us on Facebook

Cara Membuat Apel Tidak Berubah Menjadi Berwarna Kecokelatan Setelah Dikupas

sumber: google.com

Anda tentunya suka dengan buah apel bukan. Hampir semua orang suka buah ini. Buah yang sering dianggap sebagai buah kepintaran karena dianggap sebagai buah yang dimakan Nabi Adam as. sehingga terusir dari surga. Buah yang dijadikan icon brand produk teknologi yang sangat terkenal, namun sayang apelnya sudah ada yang menggigit. Buah yang jatuh tepat di depan seorang fisikawan sehingga mengilhami konsep gaya fundamental dalam fisika.
Buah apel ini sayangnya bila dikupas akan membuat dagingnya cepat berubah warna menjadi kecokelatan hingga menimbulkan kesan busuk. Pada artikel sebelumnya telah dibahas kenapa buah apel setelah dikupas, dagingnya berubah menjadi kecokelatan. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana caranya supaya tidak terjadi perubahan warna meskipun sudah dikupas. Sehingga meskipun apel sudah dikupas dan dipotong-potong, apel akan tetap terlihat segar.
Ada beberapa cara untuk mencegah apel berubah warna, atau istilahnya adalah mencegah proses oksidasi yaitu proses bereasinya enzim pada apel dengan oksigen. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

1.    Gunakan Air Lemon
Air lemon dapat mencegah proses oksidasi karena menandung asam sitrat yang merupakan antioksidan efektif. Caranya, Anda bisa mepercikan langsung air lemon tersebut pada apel yang sudah dipotong atau dibelah. Atau cara yang kedua, Anda bisa merendap apel dalam air lemon yang sudah dicampur dengan air. Namun merendamnya jangan terlalu lama. Cukup direndam 3-5 menit saja. Anda juga bisa menggunakan air jeruk nipis sebagai pengganti lemon bila tidak ada.

2.    Gunakan Garam
Garam merupakan pengawet alami dan efektif juga untuk mencegah potongan apel menjadi berwarna kecokelatan. Caranya sangat mudah, Anda tingga mencampurkan ½ sendok teh garam dengan 950cc air dingin. Aduk-aduk hingga merata, kemudian masukan potongan apel ke dalam larutan garam tersebut dan rendam selama 3-5 menit. Anda tidak perlu khawatir dengan rasa asin yang ditimbulkan asalkan proses perendaman tidak terlalu lama. Setelah direndam, lalu bilas apel. Rasa apel akan tetap terasa enak.

3.    Gunakan Minuman Berkarbonasi
Selain menggunakan air lemon dan larutan garam, Anda juga bisa menggunakan minuman berkarbonasi yang mengandung asam sitrat untuk mencegah apel berubah menjadi kecokelatan. Biasanya minuman yang sering digunakan adalah lemon-lime soda. Caranya hampir sama, yaitu dengan merendam apel pada minuman ini selama 3-5 menit.

4.    Gunakan Fruit-Fresh
Fruit-fresh bubuk asam sitrat dan asam askorbat. Bubuk ini juga bisa digunakan untuk mencegah daging apel berubah menjadi kecokelatan. Untuk bahan yang satu ini caranya tidak dengan direndam. Tetapi cukum menaburkannya saja pada bagaian daging apel.

5.    Gunakan Teknik Blanching
Teknik blanching pada dasarnya adalah untuk membuat enzim pada apel tidak aktif. Caranya adalah dengan memasukan potongan apel ke dalam air mendidih. Tidak perlu lama-lama, cukup lima menit saja. Kemudian cuci dengan air dingin. Cara ini kurang efektif untuk apel yang dikonsumsi langsung, karena akan merusak tekstur apel. Cara ini baik digunakan untuk apel yang akan dimasak.

6.    Bungkus dengan Plastik Wrap
Cara yang terakhir adalah dengan membungkus apel dengan plastik wrap. Fungsinya adalah meghindari oksigen masuk pada apel. Cara ini sangat baik digunakan untuk potongan apel yang besar. Sehingga Anda dapat mudah untuk membungkusnya.

Itulah beberapa cara untuk mencegah apel yang sudah dipotong berubah warna menjadi kecokelatan. Anda bisa melalukannya dengan mudah di rumah sehingga dapat menjadikan apel Anda tetap terlihat segar dan enak. Tetap rajin makan buah ya!

Sumber: id.wikihow.com

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.