Find us on Facebook

Konsep Adalah...



Berbicara soal pendidikan, semakin lama kita belajar, semakin tinggi tingkat pendidikan yang kita tempuh, apa yang kita pelajari semakin spesifik. Seseorang dituntut untuk menjadi ahli pada satu bidang tertentu. Apa yang dipelajari di perguruan tinggi tentunya lebih substansial dibandingkan dengan apa yang dipelajari di sekolah. Contohnya saja mungkin kita sering sekali mendengar istilah konsep. Entah program studi apa yang Anda pilih, istilah konsep selalu ada dalam pengetahuan dasar yang Anda pelajari.

Ketika saya ditanya apa itu konsep, agak susah diungkapkan dengan kata-kata. Namun ketika saya lihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia, di sana tertulis bahwa konsep adalah ide atau gagasan yang diabstraksi dari kejadian konkret. Jika ditelaah secara harfiah, abstraksi disini penggambaran secara abstrak untuk menjelaskan segala sesuatu yang konkret.

Contoh sederhana misalkan kursi. Kursi merupakan konsep. Dia merupakan abstraksi untuk menjelaskan sebuah benda yang digunakan untuk duduk, terbuat dari kayu atau plastik, ada sandarannya, berkaki empat, dan seterusnya. Konsep begitu penting untuk menjelaskan segala sesuatu yang konkret. 

Pengertian konsep ini banyak dijelaskan oleh para ahli. Anda bisa mencari referensi lain untuk mendukung atau mengoreksi pernyataan saya ini ya. cmiiw ^^

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.