Find us on Facebook

Sistem dan Lingkungan dalam Fisika





Ketika kita menganalisis situasi-situasi fisis, dalam pikiran kita biasanya memusatkan perhatian pada bagian materi yang kita pisahkan dari lingkungan luarnya. Bagian materi yang kita perhatikan tersebut dinamakan sistem. Sedangkan segala sesuatu di luar sistem tersebut yang secara langsung mempengaruhi sistem disebut lingkungan. Misalnya, ketika kita mengamati suatu bola yang jatuh bebas. Bola adalah sistem karena merupakan objek pusat perhatian. Sedangkan udara dan bumi adalah lingkungan, karena udara dan bumi mempengaruhi gerakan bola tersebut. Udara menimbulkan gaya gesek pada bola sedangkan bumi menimbulkan gaya gravitasi pada bola. Contoh yang lain ketika kita mengamati gas di dalam tabung pembakaran bahan bakar. Gas merupakan sistem sedangkan piston dan pembakar merupakan lingkungan. 

Pemahaman konsep sistem dan lingkungan menjadi pemahaman dasar yang harus dimiliki ketika kita ingin mengamati gejala fisis dengan baik, khususnya pada bahasan termodinamika. Jadi pada intinya, sistem adalah objek yang menjadi pusat pengamatan. Sedangkan lingkungan merupakan segala sesuatu di luar sistem yang mempengaruhi langsung terhadap sistem.

No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.